Thursday 31 July 2014

Cara Membersihkan Virus Copy of Shortcut di Flashdisk Dengan Ubuntu



Membersihkan Virus Copy of Shortcut di Flashdisk Dengan Ubuntu
Baru-baru ini Virus Copy of Shortcut bermunculan bak jamur di restoran jamur :), dia bertengger di komputer sehingga beberapa operasi tidak berfungsi, ia juga duduk manis di flashdisk
dan siap menularkan penyakitnya pada siapa saja yang bergonta-ganti pasangan. Aku menjadi saksi tiga komputer kantor berhenti beroperasi dan harus instal ulang sistem operasi karena virus ini, dan setelah instal ulang si virus dengan senang hati datang kembali! Wah..

Setelah try and error (banyak error-nya) plus Google ria akhirnya kudapatkan kesimpulan sementara : Untuk PC/Laptop mungkin bisa mencoba resep bung Krisna. Sedang untuk flashdisk bisa juga mencoba resep spesial pakai Linux yang satu ini :
  1. Anda harus punya Ubuntu Live CD atau distro linux lain, atau Ubuntu terinstal di PC/Laptop Anda.
  2. Boot dari Ubuntu Live CD
  3. Klik Place pada panel atas
  4. Pilih flashsdisk yang mau dibersihkan
  5. Hapus file Copy of Shortcut (1) sampai (4) atau kalau ada file shortcut serupa hapus sekalian
  6. Jangan lupa hapus juga Folder Recycler (isinya file-file .exe)
  7. Terakhir hapus Folder Trash dalam flashsdisk.
Cara sangat sederhana ini sudah teruji dan sangat praktis. Ini hanya berguna untuk membersihkan flashdisk dan bersifat sementara, kalau USB flash Anda kembali di tancapkan ke PC/Laptop yang sudah terinfeksi, maka otomatis virus akan kembali lagi.

Kalau tidak punya Ubuntu Live Cd bagaimana?.. Download Gratis disini, atau pinjam dari teman, atau beli juga bisa! Silahkan dicoba.

Pakai Ubuntu yuuuk!

0 comments:

Post a Comment