Saturday 18 October 2014

Distro / Jenis / Macam-macam Linux


Unix atau yang sekarang kita kenal dengan Linux adalah sistem operasi yang bersifat OpenSource. OpenSource dalam arti Indonesianya adalah kode terbuka, tetapi bukan ini yang dimaksud dengan OpenSource. Yang dimaksudkan disini adalah suatu program yang berlisensi OpenSource
berarti program tersebut membuka kode programnya sehingga siapa saja bisa mengutak-atik untuk mempelajari program tersebut (hebat bukan??).
Kalau saya menyebut distro-distro linux adalah "OS HALAL", hahaha..
Tapi jika anda berfikiran bahwa semua OpenSource itu free alias gratis, anda salah!, karena tidak semua program OpenSource itu free. Seperti OperatingSystem RedHat Linux, program linuxnya tetap dibeli dengan harga yang murah.
Oke, kita lihat beberapa distro linux yang mungkin diantaranya sudaah cukup kita kenal.
Gambar di bawah ini menunjukkan distro-distro linux..
Kita lihat, banyak sekali distro-distro linux yang diberikan secara gratis, anda tinggal download, masukin ke cd atau flashdisk dan langsung pakai. And juga bisa mencobanya tanpa menggangu OS anda (jika anda memakai windows). 

Jika anda ingin memulai menggunakan Linux, tapi ragu-ragu untuk menghapus OS windows anda, buatlah komputer anda menjaadi dual boot, jadi satu komputer 2 OS. Bagi anda ingin memulai, mulailah dengan OS Linux Ubuntu, selain mudah digunakan, ubuntu juga sangat ringan. Jika anda memakai Windows sering berkeluh kesah karena baru satu jam komputer di pakai browsing udah lemot, lain halnya dengan ubuntu. Ubuntu juga mengeluarkan beberapa versi seperti Xubuntu, Kubuntu, dan Edubuntu.

Dan satu OS Linux BackTrack, weeitss... yang satu ini OS yang dirancang untuk security atau keamanan. OS yang satu ini banyak dipakai hacker. Sampai saat ini backtrack sudah dikeluarkan hingga versi 5 yang baru saja dirilis.

0 comments:

Post a Comment